METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF PADA STUDI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.70367/arrasyiid.v2i2.23Keywords:
Kualitatif, Kunatitatif, Studi IslamAbstract
Penelitian dalam Studi Islam memegang peran krusial dalam memahami, mengembangkan, dan mengaplikasikan ajaran Islam dalam konteks sosial, budaya, dan historis yang dinamis. Penelitian bertujuan mengkaji secara komprehensif dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Dengan menggunakan metode studi literatur, jurnal ini menganalisis berbagai sumber akademis untuk membedah landasan filosofis, karakteristik, jenis, pendekatan, langkah-langkah implementasi, serta keunggulan dan keterbatasan masing-masing metode ketika diaplikasikan pada objek kajian Islam yang unik, seperti teks suci, tradisi interpretatif, fenomena sosial keagamaan, dan pengalaman spiritual. Temuan utama menunjukkan bahwa metode kualitatif unggul dalam menggali makna mendalam dan memahami kompleksitas konteks, sementara metode kuantitatif efektif dalam mengukur frekuensi, hubungan antar variabel, dan generalisasi pada skala yang lebih luas. Pemilihan antara kedua metode ini, atau bahkan kombinasinya dalam pendekatan campuran (mixed methods), tidak hanya bersifat teknis tetapi juga merefleksikan pertimbangan epistemologis peneliti terkait hakikat pengetahuan Islam dan cara terbaik untuk mendekati objek kajian yang beragam. Penelitian diharapkan dapat berkontribusi dalam menyediakan panduan metodologis yang terstruktur bagi para peneliti Studi Islam, mendorong penggunaan metode yang tepat guna dan relevan untuk menghasilkan kajian yang berkualitas dan menjawab tantangan kontemporer.
References
Abu Bakar, Marina, Saad Gomaa Gomaa Zaghloul, Ahmed Ramadan Mohamed Ahmed, Mus’ab Yusoff, Muhamad Mustakim Abd Halim, Mohamad Fauzi Md Thahir, and Mohd Syahmil Samsudin. 2022. “Islamic Research Methodology in Contemporary Research: Is It Applicable?” International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 11 (1): 919–38. https://doi.org/10.6007/ijarped/v11-i1/12366.
Akbar, Firman Muhammad Abdurrohman, Afried Lazuardi, and Siti Haniatunnisa. 2024. “EVOLUSI PEMIKIRAN MANAJEMEN SYARIAH TINJAUAN LITERATUR DARI PERSPEKTIF HISTORIS.” An Nawawi 4 (2): 187–204.
Atiqya, Afifah Barkatul, Asep Irfan Fanani, and Irawan. 2023. “Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Manajemen Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9 (19): 39–45. https://doi.org/10.5281/zenodo.8378437.
Charismana, Dian Satria, Heri Retnawati, and Happri Novriza Setya Dhewantoro. 2022. “Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn 9 (2): 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.
Efendi, Indra, and Zulfani Sesmiarni. 2022. “Pentingnya Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1 (2): 59–68. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.22.
Hadjar, Ibnu. 2021. Pendekatan Kuantitatif Dalam Penelitian Agama.
Ibrahim, Duski. 2014. “Metodologi Penelitian Dalam Kajian Islam (Suatu Upaya Iktisyaf Metode-Metode Muslim Klasik).” Intizar 20 (2): 247–66.
Liputo, Mohamad Rian. 2024. “Metodologi Dalam Studi Islam: Tantangan Dan Peluang.” Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 10 (2): 161–78.
Malahati, Fildza, Anelda Ultavia B, Putri Jannati, Qathrunnada Qathrunnada, and Shaleh Shaleh. 2023. “Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi.” Jurnal Pendidikan Dasar 11 (2): 341–48. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902.
Nugraha, Adam Syuja. 2020. “Mengenal Metode Kualitatif Dan Penelitian Pendidikan Islam,” December.
Ph.D. Ummul Aiman, S.Pd. Dr. Karimuddin Abdullah S.HI. M.A. CIQnR Misbahul Jannah M.Pd., M.Pd. Zahara Fadilla Suryadin Hasda, M.Pd.I. Ns. Taqwin S.Kep. M.Kes. Masita, and M.Pd.Mat Ketut Ngurah Ardiawan M.Pd. Meilida Eka Sari. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Rasmuin, Rasmuin, and Amin Maghfuri. 2019. “Semantic Approaches In Islamic Studies: Efforts To Understand Text Through Meaning.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 5 (December): 263–82. https://doi.org/10.24952/fitrah.v5i2.1893.
Ravico, Muhammad Alfian. 2021. “Modul Metodelogi Studi Islam.” Metodelogi Studi Islam, 1–52.
Rohmah, Siti, Diah Mutiara, Oneng Nurul Bariyah, Khasnah Syaidah, Sanusi Uwais, Nur Aini, Olivia Damayanti, and Irwana. 2023. “Analisis Materi Al-Qur’an Hadis Dalam Kma Nomor 183 Tahun 2019.” Seminar Nasional Penelitian 2023, 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit.
Romlah, Siti, Sekolah Tinggi, Agama Islam, and Pancawahana Bangil. 2021. “Perbandingan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Melakukan Penilaian Operasional.” Jurnal Studi Islam 16 (1): 1–13.
Saefullah, Agus Susilo. 2024. “Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama Dan Keberagamaan Dalam Islam.” Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2 (4): 195–211. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428.
Sihabuddin, Sihabuddin. 2020. “Pendekatan Fenomenologi Dalam Studi Islam.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 2 (2): 108–14. https://doi.org/10.36379/autentik.v2i2.28.
Warosari. 2022. “Mengembangkan Penelitian Kualitatif Untuk Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Adzkiya 6 (1): 33–47. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz/article/view/124.