STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK HALAL
DOI:
https://doi.org/10.70367/arrasyiid.v3i1.28Keywords:
Pemasaran Syariah, Produk Halal, Daya Saing, Etika Profetik, Gold Ocean StrategyAbstract
Pertumbuhan ekonomi syariah global telah mendorong persaingan yang semakin intens dalam industri produk halal, menuntut strategi pemasaran yang tidak hanya memenuhi aspek halal formal, tetapi juga nilai-nilai etis dan keberlanjutan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen pemasaran syariah yang mampu meningkatkan daya saing produk halal melalui pendekatan studi literatur yang komprehensif dan sistematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasaran syariah bukan sekadar adaptasi dari pemasaran konvensional, melainkan paradigma manajerial berbasis nilai yang berlandaskan pada prinsip etika profetik: siddiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Strategi ini dioperasionalkan melalui bauran pemasaran syariah (sharia marketing mix) yang menekankan prinsip halalan thayyiban, keadilan harga, integritas rantai pasok halal, dan promosi edukatif. Selain itu, sertifikasi halal dan Islamic branding diposisikan sebagai instrumen strategis dalam membangun kepercayaan konsumen dan diferensiasi pasar. Untuk memperkuat keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, artikel ini juga mengusulkan penerapan kerangka kerja Gold Ocean Strategy (GOS) yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam inovasi bisnis. Dengan demikian, strategi pemasaran syariah menawarkan model holistik dan transformatif untuk menciptakan nilai tambah dan membangun keunggulan kompetitif produk halal dalam lanskap pasar global yang semakin dinamis.
References
Akbar, F. M. A. (2024). METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF PADA STUDI ISLAM. Ar Rasyiid: Journal of Islamic Studies, 2(2), 95–112.
Akbar, F. M. A., Amelia, E., & Rodoni, A. (2023). ANALISIS KEBIJAKAN EKONOMI SYARIAH ZAMAN RASULULLAH SAW BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM. Ar Rasyiid Journal of Islamic Studies, 1(1), 1–12.
Ali, H., Qazi, H. S., Hashmi, H. S., Yasin, T., & Abbas, M. H. (2025). Mapping the two decades of Islamic marketing research using bibliometric analysis and novel machine learning topic modeling. Journal of Islamic Marketing.
Ali, M. H., & Suleiman, N. (2016). Sustainable food production: Insights of Malaysian halal small and medium sized enterprises. International Journal of Production Economics, 181. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2016.06.003
Faridah, H. D. (2019). Halal certification in Indonesia; history, development, and implementation. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.68-78
Handayani, D. I., Masudin, I., Susanty, A., & Anna, I. D. (2023). Modeling of halal supplier flexibility criteria in the food supply chain using hybrid ISM-MICMAC: A dynamic perspective. Cogent Engineering, 10(1), 2219106.
Juliana, S. P., Sy, M. E., Hilda Monoarfa, S. E., & Adirestuty, F. (2025). INDUSTRI HALAL: Peluang Dan Tantangan Global. Rajawali Buana Pusaka (Ranka Publishing).
Mohammad. (2025). Applying the “Halal” and “Tayyib” Norms in Marketing: Islamic Marketing (pp. 229–262). https://doi.org/10.4018/979-8-3373-3917-7.ch009
Mumtahaen, I. (2024). Analisis Pemasaran Syariah Dalam Produk Halal Di Indonesia. Mashlahah, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.62824/m1rjnn90
Nurwakhidah, A. (2019). Strategi Pemasaran Berbasis Halal dan Tayyib: Studi Kasus pada Sayed Bakery. Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(2), 147–158. https://doi.org/10.33379/jihbiz.v3i2.799
OJK. (2025). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia (LPKSI). Https://Ojk.Go.Id/Id/Kanal/Syariah/Data-Dan-Statistik/Laporan-Perkembangan-Keuangan-Syariah-Indonesia/Default.Aspx, 1.
Santoso, A., & Ristianawati, Y. (2025). STRATEGIC INNOVATION IN ISLAMIC ORGANIZATIONS: EXPLORING THE GOLD OCEAN STRATEGY FRAMEWORK. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 21, 100–117. https://doi.org/10.35449/jemasi.v21i1.1004
SGIE. (2025). State of the Global Islamic Economy (SGIE) 2024/25 Report.
Yusran, H. L., Masnita, Y., Ali, J. K., & Jatunilawati, Y. (2025). Halal Marketing Approaches: A Systematic Review of Strategies, Challenges, and Social Implication. AL-MUZARA’AH, 13(1), 61–75.
Zahara, A. E., Haro, A., Haryanti, T., Apriyanto, A., Judijanto, L., Sabur, M., & Bustami, A. (2025). Manajemen Pemasaran Syariah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.