STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA BERBASIS AKHLAK ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.70367/arrasyiid.v3i1.27Keywords:
Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter, Akhlak Islamiyah, Integrasi Kurikulum, Pengembangan MoralAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi manajemen pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa yang berlandaskan pada akhlak Islamiyah. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kondisi krisis karakter di kalangan pelajar Indonesia yang ditandai dengan meningkatnya kasus kekerasan, rendahnya indeks integritas, serta lemahnya ketahanan moral siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur dan analisis tematik, penelitian ini mengidentifikasi lima pilar strategis utama: (1) landasan konseptual yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis sebagai dasar pembentukan akhlak; (2) manajemen kurikulum terpadu yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam seluruh mata pelajaran dan rencana pembelajaran; (3) strategi implementasi berbasis keteladanan guru (uswah hasanah) dan pembiasaan nilai-nilai mulia melalui program rutin yang terstruktur; (4) pelibatan pemangku kepentingan seperti kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat untuk membentuk ekosistem pendidikan yang sinergis; serta (5) evaluasi karakter berbasis pendekatan otentik yang menilai sikap dan perilaku siswa secara langsung melalui observasi, jurnal, dan penilaian sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa berbasis akhlak Islam hanya dapat dicapai melalui strategi manajemen pendidikan yang holistik dan menyeluruh. Diperlukan perubahan paradigma dari pendekatan yang parsial menuju manajemen pendidikan yang terintegrasi dan berorientasi pada pembentukan karakter sejati.
References
Akbar, F. M. A. (2017). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Snowball Throwing. Surya Edunomics, 1(1), 38–42.
Akbar, F. M. A. (2024). METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF PADA STUDI ISLAM. Ar Rasyiid: Journal of Islamic Studies, 2(2), 95–112.
Akbar, M. A., & Akbar, F. M. A. (2024). Efektivitas Manajemen Syariah dalam Meningkatkan Kinerja Lembaga Keuangan Islam. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 23(2), 211–222.
Dewi Prasari Suryawati. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 10.
Faisal, F., Syahrullah, S., Atmowidjoyo, S., & Abdurrohman, F. M. (2024). ANALYSIS OF THE SCIENTIFIC LEARNING APPROACH IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TO ENHANCE STUDENTS CRITICAL THINKING. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(04), 815–836.
Febria. (2023). Survei KPK 2022: Ekosistem Pendidikan Belum Mendukung Internalisasi Nilai Integritas. https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/informasi/20230705-survei-kpk-2022-ekosistem-pendidikan-belum-mendukung-internalisasi-nilai-integritas
Fitriasih, D., & Rohmadi, S. H. (2024). Pendidikan Karakter Melalui Manajemen Pendidikan Islam: Menyiapkan Pemimpin Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 6(1).
Handoko, C. (2025). Islamic Education Curriculum Management in Shaping Student Character at SDIT Birrul Walidain Central Lampung. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), 1072–1084.
Hariyadi, A., Jailani, S., & El-Widdah, M. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Journal of Educational Research, 2(1), 17–38. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.76
Herawati, N. (2024). Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bima (MIN 3 Bima). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.71301/jipdasmen.v1i2.42
Hidayat, W., & Hidayat, N. (2024). Character Building Through Exemplification and Habitual Practices at API ASRI Islamic Boarding School Tegalrejo Magelang. Journal of Islamic Education Management Research, 2, 39–48. https://doi.org/10.14421/jiemr.2024.21-05
Khairanis, R., Aldi, M., & Lestari, A. (2025). Islamic Education Management in Digital Character Development for Adaptive Muslim Generation: Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Karakter Digital untuk Generasi Muslim Adaptif. 1, 1–10. https://doi.org/10.53038/tndm.v1i1.267
Miftahuddin, M., Aman, A., & Yuliantri, R. (2024). The model of Islamic character education at SMP-SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah boarding school Purwokerto. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 43. https://doi.org/10.21831/cp.v43i2.66516
Murtadlo, M. (2021). Indeks Karakter Siswa Menurun: Refleksi Pembelajaran Masa Pandemi. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswa-menurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi
Novianto, P., Hantoro, M., Budiman, A., Dewi, L., Sita, S. D., Noverdi, H., Ekkuinbang, P. S., Suryani, A. S., Prasetiawan, T., Ade, T., Masyithah, S., Yosephus, A. A., Kesra, M., Trias, Y. I., Febryka, P. K. L., Mohammad, N., Nur, T., Fieka, S. P. S., Koordinator, N. A., … Suhayati, M. (2024). Kekerasan Pada Anak Di Satuan Pendidikan. Idntimes.Com, 1 Oktober, 1–2. https://pusaka.dpr.go.id