KONSEP PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN BENJAMIN S. BLOOM: KAJIAN KOMPARATIF DALAM PERSPEKTIF TUJUAN DAN TAHAPAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.70367/arrasyiid.v3i2.30Keywords:
Al-Ghazali, Taksonomi Bloom, Tujuan Pembelajaran, Tahapan PembelajaranAbstract
Tulisan ini membandingkan konsep pendidikan Al-Ghazali dan Benjamin S. Bloom yang berasal dari latar belakang epistemologis dan historis berbeda. Al-Ghazali menekankan pendidikan sebagai proses penyucian moral dan spiritual, sedangkan Bloom mengembangkan taksonomi berbasis domain kognitif, afektif, dan psikomotor. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis pustaka untuk menganalisis kesamaan dan perbedaan dalam tujuan pendidikan, tahapan pembelajaran, serta transformasi peserta didik. Keduanya menekankan pentingnya perkembangan bertahap, namun Al-Ghazali berlandaskan spiritualitas Islam, sementara Bloom berbasis psikologi empiris. Temuan menunjukkan bahwa integrasi kerangka spiritual Al-Ghazali dengan struktur sistematis Bloom dapat menghasilkan model pendidikan yang lebih holistik, terutama bagi institusi pendidikan Islam
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Indrawati, Anis Nurhasanah, Condro Sujalmo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




