OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.70367/arrasyiid.v2i2.19Keywords:
Metode Pembelajaran Aktif, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Desain Kuasi-EksperimentalAbstract
Motivasi dalam pendidikan modern merupakan faktor penting yang mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran seperti Pendidikan Islam (PAI). Metode pengajaran tradisional sering gagal memotivasi siswa, yang mengarah ke pendekatan yang lebih interaktif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental di Sekolah Baitul Mukmin Bekasi untuk mengevaluasi pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap motivasi siswa. Dua kelompok digunakan: kelompok eksperimen yang memberikan pembelajaran aktif, dan kelompok kontrol yang menerapkan metode pengajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi siswa yang signifikan saat menggunakan metode pembelajaran aktif, dengan peningkatan pre-test 3,2 menjadi post-test 4,5. Kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa guru harus mengadaptasi metode pembelajaran aktif sebagai strategi utama dalam PAI untuk meningkatkan motivasi dan kualitas pembelajaran. Studi ini juga mengidentifikasi komponen pembelajaran aktif yang efektif dan mengeksplorasi faktor-faktor seperti konteks sosial dan kemampuan siswa untuk belajar, yang memengaruhi efektivitas metode ini dalam berbagai konteks pendidikan.
References
Ahdi, R. A. (2024). The Relationship Between Self-Determination and the Mathematics Learning Outcome of Senior Highschool Students at Payakumbuh City. In Trend: International Journal of Trends in Global Psychological Science and Education, 1(3), 37–43.
Akbar, F. M. A. (2017a). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Snowball Throwing di SMK Batik Perbaik Purworejo. Pendidikan Ekonomi-FKIP.
Akbar, F. M. A. (2017b). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Snowball Throwing. Surya Edunomics, 1(1), 38–42.
Depita, T. (2024). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran aktif (active learning) untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64.
Ekawati, D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 232–245.
Faisal, F., Syahrullah, S., Atmowidjoyo, S., & Abdurrohman, F. M. (2024). ANALYSIS OF THE SCIENTIFIC LEARNING APPROACH IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TO ENHANCE STUDENTS CRITICAL THINKING. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(04), 815–836.
Hartono, B. D., & Akbar, F. M. A. (2023). The Advantages of Muvon Ecosystem For The Quality of Practicum of SMK Students in Distance Learning: Case Study of Muhammadiyah SMK in Jakarta. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 3(3), 753–762.
Hartono, B. D., Fadilah, H., & Akbar, F. M. A. (2023). Teacher Performance of Cikeas Nature School: An Analysis of Learning Agility and Work Culture During Work From Home. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 3(3), 440–454.
Hinton, P., McMurray, I., & Brownlow, C. (2014). SPSS Explained. In SPSS Explained. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315797298
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Lubis, S. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Kelas VIII SMPN 05 Bengkulu Utara. IAIN Bengkulu.
Mahmudinata, A. A. (2024). Pendidikan Agama Islam dan Kecerdasan Emosional: Pendekatan Integratif untuk Peningkatan Karakter Siswa. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 143–148.
Matona, A. B. T. (2024). IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN DELAPAN INDIKATOR MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI HARI AKHIR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 WONOSARI. Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 2(5), 1945–1965.
Rahma, S., Leksono, A. A., & Zamroni, M. A. (2024). Kontribusi Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Pendidikan Karakter Peserta didik. JELIN: Journal of Education and Learning Innovation, 1(1), 18–31.
Rahmat, Z. H., Gustian, Y. T., & Gusmaneli, G. (2024). Pendekatan Desain Pembelajaran Humanistik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 363–377.
Reken, F., Junita, A., Hallatu, Y. A., Rosmita, E., Welly, W., Hwihanus, H., Sya’ban, M. F., Radianto, A. J. V., Akbar, W. K., & Yusnita, Y. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. CV. Gita Lentera.
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525.
SALSABILA, Y. R., & MUQOWIM, M. (2024). Korelasi antara teori belajar konstruktivisme lev vygotsky dengan model pembelajaran problem based learning (pbl). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827.
Syafei, M., & Zam’an, P. (2024). Prinsip-prinsip Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Inovasi Pendidikan Dalam Multi Perspektif, 1.
Tubagus, M., Mudzakir, M., Lubis, E. F. R., & Al-Amin, A.-A. (2024). Studi Komparatif Antara Pembelajaran Berbasis Proyek dan Metode Ceramah dalam Memperkuat Konsep Fisika Serta Kemampuan Pemecahan Masalah: A Comparative Study Between Project-Based Learning and Lecture Methods in Strengthening Physics Concepts and Problem-Solving Skills. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 2(3), 120–129.
Warsah, I., Carles, E., Morganna, R., Anggraini, S., Silvana, S., & Maisaroh, S. (2023). Usaha Guru Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pai. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 31–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Rozak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.