PARADIGMA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK BERBASIS AL-QUR’AN DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL
DOI:
https://doi.org/10.70367/arrasyiid.v3i2.29Keywords:
Komunikasi Orang Tua-Anak, Al-Qur’an, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Qaulan Sadidan, Parenting Qur’aniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi paradigma komunikasi orang tua dan anak dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai basis epistemologis utama, serta menganalisis implikasinya terhadap pengembangan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient/EQ) dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient/SQ). Urgensi penelitian ini didorong oleh fenomena disrupsi digital dan sekularisasi pendidikan keluarga yang mengikis dimensi transenden dalam pola asuh, menyebabkan krisis identitas dan fragilitas mental pada generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan pendekatan tafsir maudhu’i (tematik). Sumber data primer meliputi Al-Qur’an dan kitab-kitab tafsir otoritatif seperti Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Misbah, dan Tafsir Al-Maraghi, serta literatur psikologi pendidikan kontemporer. Hasil penelitian menemukan bahwa Al-Qur’an menawarkan arsitektur komunikasi yang holistik melalui enam prinsip Qaulan: Qaulan Sadidan (kebenaran/integritas), Qaulan Balighan (efektivitas/impak), Qaulan Ma’rufan (kebaikan/normativitas), Qaulan Kariman (pemuliaan), Qaulan Layyinan (kelembutan), dan Qaulan Maysuran (kemudahan). Implementasi prinsip-prinsip ini, yang dikontekstualisasikan melalui model pengasuhan Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ya’qub a.s., dan Luqman Al-Hakim, terbukti secara teoretis mampu menstimulasi validasi emosi (EQ) dan kesadaran bertuhan (SQ) yang lebih fundamental dibandingkan paradigma humanis-sekuler. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi Qur’ani bukan sekadar transfer informasi, melainkan proses tazkiyatun nafs (penyucian jiwa) yang membentuk resiliensi karakter anak
References
Abdullah, T. (2014). Tafsir Pendidikan Tauhid Keluarga dalam Qs. al-Baqarah 132-133. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 277-300.
Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ (Emotional Spiritual Quotient): Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.
Akbar, F. M. A. (2024). METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF PADA STUDI ISLAM. Ar Rasyiid: Journal of Islamic Studies, 2(2), 95-112.
Akbar, F. M. A., Amelia, E., & Rodoni, A. (2023). Analisis Kebijakan Ekonomi Syariah Zaman Rasulullah Saw Berdasarkan Perspektif Hukum Ekonomi Islam. Ar Rasyiid: Journal of Islamic Studies, 1(1), 1-12.
Boling, A. S. (2022). Nilai-nilai Parenting Islami dalam QS. An-Nisaa’ Ayat 9 Telaah Tafsir Al-Mishbah. Prosiding Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2).
Faisal, F., Syahrullah, S., Atmowidjoyo, S., & Abdurrohman, F. M. (2024). ANALYSIS OF THE SCIENTIFIC LEARNING APPROACH IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TO ENHANCE STUDENTS CRITICAL THINKING. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(04), 815-836.
Goleman, D. (2001). Emotional Intelligence. Dalam Ary Ginanjar Agustian, The Secret to Success in Building Emotional and Spiritual Intelligence. Jakarta: Arga Wijaya Persada.
Gusmirawati. (2021). Dialog Ayah Dan Anak Dalam Al-Qur’an Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 175–183.
Hamka. (2015). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Gema Insani.
Hasanah, R., & Zayyadi, A. (2025). Qur’anic Parenting: Kajian Atas Ayat-ayat Komunikasi Orang Tua-Anak Dalam Al-Qur’an. FUSTHAT AL-QUR’AN: Journal of Qur’anic and Tafsir Studies, 1(1), 13-29.
Iba, L. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (kajian Tafsir Surat Luqman ayat 12-19). Jurnal Al-Iltizam, 2(2).
Ibnu Katsir. (1996). Tafsir Al-Qur’an Al-’Azhim. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Maemunah. (2023). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 4(2).
Maullasari, S. (2020). Komunikasi Efektif dalam Perspektif Al-Qur'an. Jurnal Komunikasi Islam.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhtar, & Hamid. (2008). Metode Tafsir Mawdu'i. Jakarta: Rajawali Press.
Munjiat, S. M. (2017). Pengaruh Fatherless Terhadap Karakter Anak dalam Perspektif Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Journal of Islamic Education, 2(1).
Muslimin. (2019). Kontribusi Tafsir Maudhu’i Dalam Memahami Al-Quran. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2).
Nadjib, A. (2023). Konsep Pendidikan Islam dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Tarbawy). Surabaya: Pena Cendekia Pustaka.
Nurhadi. (2018). Multiple Intelligences Anak Usia Dini Menurut Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 (Kajian Filsafat Pendidikan). Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 136.
Nurhayati. (2017). Konsep Pendidikan Islam dalam Q.S Luqman 12-19. Jurnal Aqidah-Ta, 3(1).
Rofiqi, I., et al. (2025). Communication Ethics in the Qur'an: A Thematic Study of Qaulan Principles. Journal of Islamic Studies.
Shafwan, M. H. (2021). Konsep Al-Qur’an Tentang Kecerdasan Emosional dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam (Studi Analisis Tematik Surat Luqman Ayat 12-19). Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 4(2), 127–140.
Shihab, M. Q. (2007). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Sihombing, B. (2024). The Meaning of Qaulan in the Qur'an and its Relevance to the Etiquette of Communicating in the World of Education. Thesis UIN Suska Riau.
Sukrilah, S. (2014). Tafsir Pendidikan Tauhid Keluarga dalam Qs. al-Baqarah 132-133. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 277-300.
Sumarlan, I. (2021). Communication Patterns Toward Children: Study of the Communication Model of Parents and Teachers in School-Age Children Based on the Qur'an Teachings. Journal of Social Studies (JSS).
Wahib, A. (2021). Pendidikan Karakter dan IESQ. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 488.
Wijaya, H. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zainab, S. (2017). Komunikasi Orang Tua-Anak dalam Al-Quran (Studi Terhadap QS. Ash-Shaffat ayat 100-102). NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 1(1), 48-58.
Zayyadi, A., & Unsiyyah, U. F. (2025). Analisis Nilai Sosial dalam Al-Quran untuk Mengatasi Terjadinya Social Withdrawal. Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 6(1), 93-104.
Zuhrotul Mufidah. (2023). Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(4), 364–370.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




