PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN GENERASI MILENIAL DI PT TELKOM INDONESIA PADA UNIT DIGITAL OPERATION AND ASSURANCE DENGAN PENGEMBANGAN KARIR DALAM PERSPEKTIF ILMU ISLAM

Authors

  • Bambang Dwi Hartono Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Sarji Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Anggita Windiana Sari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.70367/arrasyiid.v2i1.16

Keywords:

work life balance, lingkungan kerja, pengembangan karir

Abstract

Generasi milenial saat ini dominan dalam tenaga kerja PT Telkom Indonesia, termasuk unit Digital Operation and Assurance. Mereka mencari keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi serta lingkungan kerja yang mendukung untuk meningkatkan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran work life balance, lingkungan kerja, dan pengembangan karir dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan milenial di unit tersebut, dengan perspektif nilai Islam yang menekankan keseimbangan, keadilan, dan tanggung jawab dalam kehidupan kerja. Metode survei dengan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari karyawan milenial. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa work life balance dan lingkungan kerja berkontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja, sementara pengembangan karir memainkan peran intervening yang penting. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah perlunya PT Telkom Indonesia untuk meningkatkan kebijakan yang mendukung work life balance, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, dan menyediakan program pengembangan karir yang berkelanjutan untuk memastikan kepuasan kerja yang optimal bagi karyawan milenial.

References

Adelia, Putri, and Ahmad Gunawan. 2023. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Displin Kerja Pada Pekerja Generasi Milenial.” ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2 (12): 5571–81.

Adiawaty, Susi. 2019. “Tantangan Perusahaan Mengelola Perbedaan Generasi Karyawan.” Jurnal Manajemen Bisnis 22 (3): 376–82.

Akbar, Firman Muhammad Abdurrohman, Erika Amelia, and Ahmad Rodoni. 2023. “ANALISIS KEBIJAKAN EKONOMI SYARIAH ZAMAN RASULULLAH SAW BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM.” Ar Rasyiid Journal of Islamic Studies 1 (1): 1–12.

Al-G, Muhammad Danish. 2024. “MENINGKATKAN KENYAMANAN DAN KESEJAHTERAAN DI TEMPAT KERJA: PERAN ERGONOMI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN.” Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 2 (5): 671–80.

Astuti, Rika Pristian Fitri, and Ali Mujahidin. 2024. “WORK LIFE BALANCE PADA PIMPINAN WANITA PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA.” MANAJEMEN DEWANTARA 8 (1): 161–69.

Claudia, Meiske, and Seto Fauzi Rahman. 2024. “Strategi Pendekatan Proses Interpersonal Dalam Manajemen Perubahan Organisasi Untuk Mendukung Kesejahteraan Generasi-Z Di Tempat Kerja.” Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 2 (4): 388–98.

Dennira, Gineung Raditya, and Dian Ekowati. 2020. “Work-Life Balance Karyawan Milenial Level Manajerial Bank Tabungan Negara Syariah.” Jurnal Penelitian IPTEKS 5 (2): 194–298.

Fauzi, Achmad. 2023. “Pengaruh Coaching Dan Mentoring Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis 3 (1): 121–26.

Hamid, Nisrina, and Waode Maratun Shaleha. 2021. “Etos Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Pada Hotel Claro Kota Kendari.” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan 1 (1): 200–215.

Hartono, Bambang Dwi, Hupron Fadilah, and Firman Muhammad Abdurrohman Akbar. 2023. “Teacher Performance of Cikeas Nature School: An Analysis of Learning Agility and Work Culture During Work From Home.” INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS) 3 (3): 440–54.

Hidayat, Dede Rahmat, Wening Cahyawulan, and Robbani Alfan. 2019. Karier: Teori Dan Aplikasi Dalam Bimbingan Dan Konseling Komprehensif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Tirtowaluyo, Evelyn, and Joyce Angelique Turangan. 2022. “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja PT Mitra Andalan Valasindo.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 4 (3): 721–30.

Utoyo, Indra. 2020. Hybrid Company Model: Cara Menang Di Era Digital Yang Disruptif. PT. Rayyana Komunikasindo.

Witriaryani, Adinda Siska, Aprilizayanti Putri, David Jonathan, and Tengku Mohd Khairal Abdullah. 2022. “Pengaruh Work-Life Balance Dan Flexible Working Arrangement Terhadap Job Performance Dengan Dimediasi Oleh Employee Engagement.” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan 4 (7): 932–47.

Published

2024-02-23