OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ISLAM ERA SOCIETY 5.0 DENGAN PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS (IOT)

Authors

  • Syabila Ariyanti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Zamzam Mustofa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Amir Mukminin STAI Mulia Astuti Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.70367/arrasyiid.v2i1.15

Keywords:

Internet of Things, Pendidikan, Society 5.0

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan Internet of Things (IoT) dalam proses Pendidikan Islam di era Society 5.0, yang menuntut inovasi dan adaptasi teknologi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. IoT memungkinkan perangkat untuk terhubung dan berkomunikasi melalui jaringan internet, menawarkan peluang besar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Namun, penerapan IoT dalam pembelajaran Islam masih belum optimal, menghadapi tantangan seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan infrastruktur, dan resistensi terhadap perubahan dari metode tradisional. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur, mengkaji definisi dan konsep kerja IoT, serta potensi pemanfaatannya dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IoT dapat memberikan manfaat signifikan dalam pendidikan, termasuk peningkatan pengalaman belajar peserta didik, optimalisasi penggunaan teknologi, dan pengambilan keputusan yang lebih efektif. Implementasi IoT diharapkan mampu menjadi terobosan dalam menghadapi era Society 5.0, meskipun masih terdapat hambatan yang perlu diatasi, seperti biaya tinggi, kesulitan dalam menguasai teknologi, dan akses internet yang tidak merata.

References

Ade, Ismayani. Metedologi Penelitian. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2019.

Akbar, Firman Muhammad Abdulrahman. 2017. “Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Snowball Throwing.” Surya Edunomics 1 (1): 38–42.

Alit, Nyoman. “Internet of Things Pada Bidang Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid- 19 Dan Menghadapi Era Society 5.0.” Prosding Webinar Nasional IAHN- TP, no. 3 (2021).

Amin Bahri, Muhammad. “STUDI AWAL IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS PADA BIDANG PENDIDIKAN.” Journal of Electrical and Electronics (JREC) 4, no. 1 (n.d.): 18–23.

Amin, Muhammad. “Studi Awal Implementasi Internet Of Things Pada Bidang Pendidikan.” JREC (Journal of Electrical and Electronics) 4, no. 1 (2018).

Arifuddin. Strategi Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Ary Mazharuddin Shiddiqi, Royyana Muslim Ijtihadie, Tohari Ahmad, Waskitho Wibisono, and dan Bagus Jati Santoso Radityo Anggoro. “Penggunaan Internet Dan Teknologi IoT Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” SEWAGATI, Jurnal Direktorat Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 3 (2020): 235–40.

Benjamin. Engineering Secure Internet Of Things System. London: The Institution of Engineering and Technology, 2016.

Dika, Harry. “Penerapan Internet Of Things Dalam Ruang Kelas,” 2017.

Farhan. “INTERNET OF THINGS: Sejarah Teknologi Dan Penerapannya.” ISU TEKNOLOGI STT MANDALA 14, no. 2 (2019).

Gilchrist, Alasdair. INDUSTRY 4.O: The Industrial Internet Of Things. Nonthaburi: Apress Media, 2016.

Hartono, Bambang Dwi, and Firman Muhammad Abdurrohman Akbar. 2023. “The Advantages of Muvon Ecosystem For The Quality of Practicum of SMK Students in Distance Learning: Case Study of Muhammadiyah SMK in Jakarta.” INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS) 3 (3): 753–62.

Khoiriah, Siti Umi, Lia Karunia Lam Uli Lubis, and Diva Kayla Nazwa Anas. 2023. “Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan Di Era Society 5.0.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora 2 (2): 117–32.

Mukminin, Amir, Translation teaching strategies for Arabic language education students at the State Islamic Institute (IAIN) Ponorogo, Asalibuna 4, No. 2 (2020), 91-100.

Mukminin, Amir, Dedi Rismanto, Yekti Prihatin. Pelatihan Metode Bernyanyi untuk Pembelajaran Akidah Akhlak di TPA, Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 no. 2 (2022) 117-126.

Hartono. “Pengembangan Sistem Pemantauan Konsumsi Energi Rumah Tangga Berbasis Internet Of Things (IOT).” ELKOMIKA 6, no. 3 (2018).

Ilham Syahrul Jiwandono, Ida Ermiana, Itsna Oktaviyanti, Fitri Puji Astria. “PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM PEMBELAJARAN MASA ADAPTASI BARU.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 4, no. 4 (2021): 390–94.

Kristiani, Novera. “PENGARUH INTERNET OF THINGS (IOT) PADA EDUCATION BUSSINES MODEL: Studi Kasus Universitas Atma Jaya Yogyakarta.” JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI 13, no. 2 (2019).

Marlina. KREDENSIAL MIKRO MAHASISWA INDONESIA: Technopreneurship Berbasis Internet Of Things (IoT). Malang: Unisma Press, 2022.

Martini, Made. Inovasi Pembelajaran Yang Berorientasi Pada OBE. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Mukminin, Amir, Zamzam Mustofa, and Nurin Fauziatul Akmala. “UPAYA KEGIATAN MUHAFADHOH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN NADZOM IMRITI PADA MURID KELAS 4 MI MIFTAHUL HUDA.” Inisiasi, 2023, 71–77.

Mukminin, Amir, Alhimni Hidayatus Sholihah, and Zamzam Mustofa. “IPNU-IPPNU EFFORTS IN INCREASING RELIGIOUS SOCIAL VALUES THROUGH SHOLAWAT ROADSHOW ACTIVITIES AT PAC DOLOPO.” Al-Anbiya: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1, no. 1 (2023): 66–77.

Mustofa, Zamzam, and Amir Mukminin. “Problems of Religious Moderation in Sooko Ponorogo District ( Liberalism , Exclusivism , Extremism )” 1, no. December (2023): 106–19.

Nursapia. “Penelitian Kepustakaan.” Jurnal Iqra’ 08, no. 01 (2014).

Okyza. “Pembatasan Definisi ‘Things’ Dalam Konteks Internet Of Things Berdasarkan Keterkaitan Embedded System Dan Internet Protocol.” JOINT (Journal of Information Technology) 1, no. 2 (2019).

Rizaldy, Fatha, and Bambang Sujatmiko. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa.” IT-EDU 05, no. 01 (2020): 317–28.

Sankey M.D., D Birch, M.W. Gardiner. “The Impact of Multiple Representations of Content Using Multimedia on Learning Outcomes across Learning Styles and Modal Preferences.” International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT) 07, no. 3 (2011): 18–35.

Yuni Purwanti, Eka, Amir Mukminin, Efforts of the Diniyah Takmiliyah Communication Forum in Increasing Interest in Reading the Qur'an, EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal) 9, No. 2 (2021), 184-202.

Sari, Milya. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 06, no. 1 (2020): 41–53.

Mukminin, Amir, Dedi Rismanto, Maragustam Siregar, Maulana Iskandar "Pemikiran Kh Hasyim Asy’ari Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam Kontemporer" Permai: Jurnal Pendidikan dan Literasi Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2022) 1-13.

Yuni Purwanti, Eka, Amir Mukminin. "Penerapan Pembelajaran Berbasis Business Plan Untuk Menanamkan Nilai Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Di SMK" Jurnal Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial 2, No. 1 (2021) 79-90

Mukminin, Amir, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Kerjasama Antara Agen dan Penjual Mainan Di Desa Kranggan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, Jurnal Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial 1, No. 2 (2020), 255-266.

Setiawardana. 14 Jam Belajar Cepat Internet Of Things (IOT). Yogyakarta: Deepublish, 2021.

Wiley. Internet Of Things A To Z. Kanada: IEEE Press, 2018.

Yahya, Muhammad, and Akmal Hidayat. 2023. “Implementasi Artificial Intelligence (AI) Di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0.” In Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1:190–99.

Yoyon. “Internet Of Things (IOT) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Rasberry PI Berbasis Mobile.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 4, no. 1 (2018).

Yudho. Pengantar Teknologi Internet Of Things. Surakarta: UNS Press, 2019.

Zed, Mestika. Metedologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Published

2024-02-26